√ HSI 09 - Halaqah 15 - Beberapa Contoh Keadaan yang Berkaitan dengan Iradah Syar’iyyah dan Iradah Kauniyah | Senusapedia

HSI 09 - Halaqah 15 - Beberapa Contoh Keadaan yang Berkaitan dengan Iradah Syar’iyyah dan Iradah Kauniyah

hsi 9 kajian 15

📘 Silsilah Beriman Kepada Takdir Allah
🔊 Halaqah 15 |  Beberapa Contoh Keadaan yang Berkaitan dengan Iradah Syar’iyyah dan Iradah Kauniyah
👤 Ustadz DR. Abdullāh Roy, MA
------------------------------------------------------------------------------------------------

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين 

Halaqah yang Ke Lima belas dari Silsilah Ilmiyyah Beriman Takdir Allāh  adalah Beberapa Contoh Keadaan yang Berkaitan dengan Iradah Syar’iyyah dan Iradah Kauniyah

⑴ Keimanan Abu Bakar 
Keimanan Abu Bakar berkaitan dengannya dua Iradah sekaligus (Iradah Syar’iyyah dan Iradah Kauniah). Berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah karena Allāh mencintai dan menginginkan keimanan Abu Bakar dan berkaitan dengannya Iradah Kauniah karena Allāh mentakdirkan, mewujudkan dan menciptakan keimanan Abu Bakar.

⑵ Keimanan Abu Jahal 
Keimanan Abu Jahal berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah saja dan tidak berkaitan dengannya Iradah Kauniah. Berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah karena Allāh mencintai dan menginginkan keimanan Abu Jahal dan tidak berkaitan dengannya Iradah Kauniah karena Allāh tidak mentakdirkan, mewujudkan dan menciptakan keimanan Abu Jahal. 

⑶ Kemaksiatan orang yang berbuat maksiat 
Kemaksiatan orang yang berbuat maksiat berkaitan dengannya Iradah Kauniah saja dan tidak berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah, berkaitan dengannya Iradah Kauniah karena Allāh mentakdirkan, mewujudkan dan menciptakan kemaksiatan tersebut dan tidak berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah karena secara syariat Allāh tidak mencintai dan menginginkan kemaksiatan tersebut. 

⑷ Kekufuran Orang Yang Beriman Yang Tidak Terjadi 
Hal ini tidak berkaitan dengannya dua Iradah, tidak berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah karena secara syariat Allāh tidak mencintai dan tidak menginginkan kekufuran orang yang beriman dan tidak berkaitan dengannya Iradah Kauniah karena Allāh tidak mentakdirkan kekufuran orang yang beriman dan tidak mewujudkan nya serta tidak menciptakannya. 

Itulah yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya. 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

*Abdullāh Roy*


Materi audio ini disampaikan di dalam Grup WA *Halaqah Silsilah ‘Ilmiyyah (HSI) ‘Abdullāh Roy.


Untuk mendengarkan Audio Kajian di atas, silahkan bergabung dengan grup HSI Abdullah Roy. Dapatkan informasi pendaftaran pada website resmi HSI .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel