√ HSI 10 - Halaqah 26 - Beberapa Sebab Gangguan Orang-orang Quraisy Terhadap Dakwah Rasulullãh ﷺ Setelah Dakwah Jahriyyah | Senusapedia

HSI 10 - Halaqah 26 - Beberapa Sebab Gangguan Orang-orang Quraisy Terhadap Dakwah Rasulullãh ﷺ Setelah Dakwah Jahriyyah

hsi 10 kajian 26

📘 Silsilah Sirah Nabawiyyah
🔊 Halaqah 26 |  Beberapa Sebab Gangguan Orang-orang Quraisy Terhadap Dakwah Rasulullãh ﷺ Setelah Dakwah Jahriyyah
👤 Ustadz DR. Abdullāh Roy, MA
------------------------------------------------------------------------------------------------

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Halaqah yang Kedua Puluh Enam dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah *”Beberapa Sebab Gangguan Orang-orang Quraisy Terhadap Dakwah Rasulullãh ﷺ Setelah Dakwah Jahriyyah”*.

Diantara beberapa sebab dakwah jahriyyah yang dilakukan oleh Rasulullãh ﷺ tentunya membawa efek & dampak terhadap kehidupan beragama orang-orang Quraisy mereka berusaha untuk mengganggu merintangi dakwah Rasulullãh ﷺ & diantara sebabnya :

①. Yang paling utama karena dakwah Tauhid yang dibawa oleh Rasulullãh ﷺ mengancam keyakinan yang selama ini orang-orang Quraisy & bapak² mereka meyakininya. Rasulullãh ﷺ mengajak peribadatan kepada Allāh semata tidak ada sekutu baginya untuk menyekutukan Allāh dengan yang lain didalam beribadah.

Allāh mengatakan :

إِنَّهُمْ كَانُوا إِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ يَسْتَكْبِرُونَ

وَيَقُولُونَ أَئِنَّا لَتَارِكُو آلِهَتِنَا لِشَاعِرٍ مَجْنُونٍ

[Surat Ash-Shaffat 35- 36]

"sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan kepada mereka لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ mereka menyombongkan diri & mengatakan apakah kami meninggalkan sesembahan sesembahan kami, karena seorang tukang syair yang gila"

②. Di masa mereka mengikuti agama Muhammad ﷺ sama saja penghinaan terhadap agama & budaya mereka & nenek moyang mereka karena berarti selama ini apa yang mereka lakukan adalah salah. Padahal mereka memandang diri mereka adalah orang-orang termulia diantara orang-orang Arab & mereka menganggap bahwa kedudukan tinggi mereka ini akan lenyap dengan mengikuti agama Muhammad ﷺ.

③ Mereka menganggap & menyangka bahwa dakwah tauhid yang dibawa oleh Muhammad ﷺ akan memerosotkan ekonomi mereka, karena selama ini mereka banyak mengambil keuntungan dunia dari datangnya orang-orang musyrikin untuk berhaji ke Mekkah & melakukan jual beli barang & juga berhala.

④. Dakwah kepada tauhid & iman dari hari akhir berarti harus menyerahkan diri secara total kepada Allāh azza wajalla, menundukan harta dan jiwa mereka kepada Allāh & mereka harus siap meninggalkan seluruh dosa & kedzoliman mereka kepada orang lain & tentunya ini semua bertentangan dengan sebagian besar kebiasaan mereka saat itu.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini & sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

*Abdullāh Roy*

Di kota Pandeglang

Materi audio ini disampaikan di dalam Grup WA *Halaqah Silsilah ‘Ilmiyyah (HSI) ‘Abdullāh Roy.*

Untuk mendengarkan Audio Kajian di atas, silahkan bergabung dengan grup HSI Abdullah Roy. Dapatkan informasi pendaftaran pada website resmi HSI .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel